Ilmu Administrasi Niaga

Visi

Menjadi program Studi Ilmu Administrasi Niaga unggulan yang fokus pada keberhasilan pengembangan Bisnis berbasis kearifan lokal memiliki wawasan Entrepreneur di Tingkat Regional dan Global pada Tahun 2023.

Misi

Misi Program Studi merupakan derivasi dari Visi Program Studi yang meliputi:

  1. Menghasilkan lulusan ahli pengembangan bisnis berjiwa entrepreneur dengan kualitas yang sesuai dengan permintaan pasar.
  2. Meningkatkan kompetensi dan komitmen civitas akademika untuk aktif berkontribusi bagi pengembangan ilmu bidang kebijakan dan pengembangan bisnis serta entrepreneur berbasis TI di daerah dan nasional.
  3. Mengembangkan kerjasama program studi dengan institusi pemerintah dan swasta terkait bidang bisnis dan entrepreneur.

Profil Lulusan Ilmu Administrasi Niaga

No.

Profil Lulusan

Deskripsi Lulusan

1

Pebisnis

 

 

 

Mampu mengaplikasikan ilmunya sebagai dasar untuk mengembangkan kemampuan  sebagai pelaku bisnis,  mengelola organisasi bisnis dengan efektif, efisien, dan inovatif dan mampu merancang sistem dan kebijakan bisnis demi pencapaian tujuan bisnis secara optimal; memiliki jiwa leadership dan professional mengelola organisasi bisnis dengan efektif, efisien, dan inovatif; memiliki kemampuan kerja keras dan komunikasi dalam merancang sistem dan kebijakan bisnis demi pencapaian tujuan bisnis secara optimal.

2

Konsultan Bisnis

Mengaplikasikan ilmunya sebagai konsultan bisnis untuk memformulasikan dan mengimplementasikan strategi bisnis konvensional yang bersifat fungsional; menggunakan ketrampilan hubungan antar pribadi, dan teori kelompok untuk penyelesaian konflik; bekerja dalam tim bisnis secara efisien dan efektif; mengidentifikasi, menganalisis permasalahan dan kebijakan bisnis dengan menggunakan pendekatan analitis dan sistematis serta merumuskan solusi.

 

Peneliti dan Pendidik

Mengaplikasikan ilmunya sebagai peneliti dan pendidik untuk menguasai konsep dan teknik terkait dengan fungsi bisnis (kebijakan dan strategi bisnis, organisasi, SDM, sistem informasi, akuntansi dan keuangan, pemasaran, operasi bisnis), memiliki prinsip kepemimpinan dan kewirausahaan dalam berbagi sektor bisnis dalam perannya sebagai pelaksana dan pelaku bisnis.

4

Entrepreneur

Mengaplikasikan ilmunya sebagai entrepreneur yang  mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan bisnis dengan memanfaatkan pengetahuan dan teknologi untuk menyelesaikan permasalahan bisnis pada skala UMKM,  melaksanakan perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian dalam fungsi operasional organisasi bisnis mulai dari pembelian,produksi, pemasaran dan penjualan, keuangan, SDM dan training, administrasi, dan teknologi informasi untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada bisnis skala UMKM,  mengambil keputusan yang tepat berdasarkan data dan informasi dalam memilih berbagai alternatif  solusi bisnis, baik secara mandiri maupun berkelompok;

5

Office Manager

Mengaplikasikan ilmunya sebagai office manager yang mampu merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan dan mengawasi kegiatan dan sumber daya dengan memanfaatkan pengetahuan dan teknologi perkantoran untuk menyelesaikan permasalahan kantor.  Menguasai konsep tentang manajemen kantor untuk menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan unsur  pegawai, aktivitas, dan peralatan kantor dengan memanfaatkan pengetahuan dan teknologi terkini,  mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis data dan informasi dalam mengelola kantor dan  mampu memberikan petunjuk untuk memilih alternatif solusi secara mandiri dan kelompok untuk  menyelesaikan permasalahan  pegawai, aktivitas, dan peralatan perkantoran, serta bertanggung jawab atas pencapaian prestasi kerjanya.

 

6

Aparatur Sipil Negara

Mengaplikasikan ilmunya sebagai aparatur pada lembaga pemerintahan baik pusat maupun daerah serta perusahaan sektor publik, yang religius dan memiliki kompetensi untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan berintegritas, serta mampu untuk berinovasi sesuai perkembangan teknologi